Ketahui Lebih Dalam Tentang Thalasemia

Jakarta – Mungkin belum banyak orang yg mengetahui apa itu thalasemia.

Menurut, Pustika Amalia, selaku staf divisi hematologi onkologi RSCM, menjelaskan, ketika ini mungkin masih banyak yg mengetahui bagaimana bahayanya thalasemia. Ini yg seharusnya kami lakukan buat menyebarluaskan tentang seluk belum thalasemia.

“Thalassemia yaitu penyakit kelainan darah merah yg diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini menyebabkan eritrosit gampang pecah dan menyebabkan pasien menjadi pucat karena kekurangan darah (anemia),” kata Pustika Amalia, ketika ditemui di acara rapat Southeast Asian Thalassemia Forum (SEATHAF), di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu, (28/11/2018).

Masih menurutnya, penyandang thalassemia memerlukan transfusi darah dan pengobatan selalu menerus sepanjang hidupnya.

Namun, pada dasarnya, hal tersebut dapat dicegah bila melakukan skrining terlebih dahulu.

“Thalassemia mampu dicegah melalui penecegahan perkawinan antara pembawa sifat thalassemia, sedangkan pembawa sifat thalassemia bisa diskrining dengan pemeriksaan darah,” tambahnya.

Kemudian, Prof. Akmal Taher selaku staf ahli Menteri Kesehatan (Menkes) menambahkan, deteksi dini sangat utama buat mengetahui status seseorang apakah dia pembawa sifat atau tidak, dikerjakan sebelum memiliki keturunan, karena pembawa sifat Thalassemia sama sekali tak bergejala dan bisa beraktivitas selayaknya orang sehat.

“Pernikahan antar sesama pembawa sifat mampu dihindari. Hal ini harus di kampanyekan kepada masyarakat melalui berbagai media komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE),” ujar Akmal.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin