Ketahui Sebab Timbulnya Gagal Ginjal

Jakarta – Ginjal adalah organ yg ada di dalam tubuh dan sangat kecil namun memiliki fungsi yg luar biasa buat kesehatan tubuh manusia. Jika tak berfungsi dengan baik, maka mulai menyebabkan gagal ginjal.

Menurut Dr Okki Ramadian Sp.PD, seandainya tak ada ginjal di dalam tubuh, ini mulai menjadi kacau.Fungsi yg paling dominan dari ginjal adalah membuang zat toksin, mengatur jumlah cairan dalam tubuh.

“Ini fungsi yg paling dominan.Ternyata bukan cuma menyaring cairan, tetapi juga ada hormon. Ginjal bisa mengkontrol. Dia mengeluarkan dan mengatur sel darah merah. Pengaturan tulang dan fosfar. Kemudian berfungsi sebagai detoxification. Ginjal sangat menolong membuang zat – zat yg tak dibutuhkan di dalam tubuh. Ini bekerjasama dengan hati dan usus,” papar Okki Ramadian, saaat ditemui di RENALTEAM CLINIC, Jakarta, Selasa, (23/10/2018).

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yg paling banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini ternyata tak semata – mata segera terjadi gagal ginjal namun terdapat penyakit pencetus utamanya.

“Dasar dari penyakit gangguan ginjal adalah dari DM (Diabetes Melitus), penyakit cardiovaskular, hipertensi, dan komplikasi lainnya.Prevensi penyakit tindak menular di Indonesia memang mencapai 2 persen bagi gagal ginjal. Mengapa? Karena prevalensi penyakit jantung, stroke, dan DM sangat tinggi.Pada tahun 2015, biaya hemodialisa atau cuci darah dapat mencapai 2,7 Triliun,” tambahnya.

Jika saat ginjal telah mengalami sakit dan baru terdeteksi masih berfungsi 80 persen, maka lebih baik perbaiki lalu penyakit dasarnya. Misalnya, diabetes, obesitas, dan hipertensi. Gaya hidup yg dikerjakan harus diubah dan harus lebih baik.

“Kalau telah stadium 5, kondisi ginjal menjadi lebih buruk,” paparnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin