Keuntungan Kalium Untuk Tubuh

Jakarta – Kalium adalah mineral utama yg mempertahankan cairan dan elektrolit keseimbangan dalam tubuh.

Ini adalah mineral ketiga paling utama yg diperlukan bagi fungsi organ beberapa, termasuk ginjal, otak, jantung dan jaringan otot.

Mengutip dari Selasa, (13/02/2018), kalium juga memainkan peran penting dalam menjaga tubuh terhidrasi dan bekerja bersama natrium buat mendukung serta melakukan beberapa tugas utama tubuh.

Kalium yg ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, kemudian salmon, susu, ayam, pisang, almond, kentang, alpukat air kelapa. Kalium adalah sumber penting yg menyembuhkan gangguan ginjal, jantung dan tekanan darah, meningkatkan kekuatan otot, elektrolit fungsi dan sistem saraf.

Jika Anda tak memasukkan makanan kaya kalium dalam diet Anda, Anda mungkin menderita kekurangan kalium. Tingkat kalium rendah dalam tubuh bisa menyebabkan hypokalaemia, yg mencakup sakit kepala, dehidrasi, palpitasi jantung, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kalium manfaat tubuh Anda dalam banyak cara. Jadi, memiliki melihat manfaat kesehatan dari kalium.

1. Meningkatkan jantung kesehatan kalium memainkan peran segera dalam menjaga irama detak jantung Anda. Ini menolong buat menjaga jantung sehat dan ginjal berjalan lancar. Tingkat rendah kalium dalam tubuh mampu lebih lambat detak jantung Anda, yg menyebabkan stroke atau serangan jantung.

2. Mengurangi otot kram kalium mengurangi kejang otot dan meningkatkan kekuatan otot. Tingkat rendah kalium menyebabkan kelemahan otot, kejang otot dan nyeri otot. Mengkonsumsi pisang setiap hari bagi mencegah kram otot karena pisang tinggi kalium.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi penelitian sudah memperlihatkan bahwa diet yg penuh dengan makanan kaya potasium menolong buat menurunkan tekanan darah. Kalium aids di reversing peran natrium dalam menstabilkan tekanan darah. Hal ini mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

4. Mencegah Osteoporosis. Tahukah Anda sitrat dan bikarbonat dua kalium garam yg ditemukan, kaya potasium sayuran dan buah-buahan? Ini menolong buat meningkatkan kesehatan tulang Anda dan mencegah osteoporosis. Kalium juga menetralkan berbagai asam dalam tubuh, yg menolong dalam melestarikan kalsium yg diperlukan bagi kekuatan tulang.

5. Merangsang saraf, seandainya Anda memiliki cukup kalium dalam tubuh Anda, itu mulai memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai otak dan merangsang aktivitas saraf dan meningkatkan fungsi kognitif. Ini mulai menolong bagi mempertajam memori Anda dan itulah alasan mengapa pisang disebut otak makanan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin