Kiat Sukses Dampingi Anak Main Gawai

Jakarta – Gadget atau gawai kini menjadi pilihan anak – anak bagi bermain. Sebagai orangtua, hal ini harus mampu dibatasi agar tak terjadi adiksi.

Menurut Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), kepada media di Jakarta, Kamis, (29/11/2018), agar anak tak kecanduan terhadap gawai, orangtua harus membuat komitmen kepada anak. Ini terkait dengan berapa lama anak menghabiskan waktu memakai gadget.

“Harus ada komitmen terkait penggunaan gadget berapa lama. Misalnya, sehari setengah jam cukup. Terus kalau melanggar gimana, ada hukumannya, segala harus dibicarakan dengan anak,” kata Seto.

Masih menurutnya, buat membuat anak menjadi disiplin memang tak mudah. Seto menambahkan disiplin adalah sebuah pengertian merupakan mengikuti komitmen yg telah dibuat sebelumnya. Hal tersebut bukan soal karena nurut dengan orangtua.

“Sehingga aku menganjurkan, jangan mimpi milik anak penurut. Kita mulai frustasi. Tapi anak yg mandiri yg bisa bekerjasama. Sehingga dalam rumah tangga itu namanya ada kerjasama. Jangan main paksa. Kalau nanti dia jadi pemimpin dia main paksa,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin