Kuman Di Botol Lebih Banyak Dari Dudukan Toilet?

Jakarta – Pernahkan Anda berpikir, apakah telah benar dalam membersihkan botol minum sehari – hari?

Membawa botol minum atau tumbler kini makin akrab untuk keseharian masyarakat khususnya di kota-kota besar.

Salah satu pencetusnya, kesadaran menjaga lingkungan, buat tak tidak mengurangi sampah plastik. Botol minum kini tak cuma banyak digunakan orang dewasa tetapi juga anak – anak.

Sebuah penelitian yg dikerjakan oleh peneliti di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, membandingkan kadar kuman pada botol yg dibawa mahasiswa dengan yg ada di dudukan toilet.

“Ternyata, jumlah bakteri di botol lebih banyak daripada yg ada di toilet seat,” ujar dr. Yulia Rosa Saharman, Sp.MK, spesialis mikrobiologi klinik dari FK UI, Jakarta, Sabtu, (01/12/2018).

Kuman, bakteri, jamur dan parasit yaitu mikroba. Ini yg terus hadir dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan, kuman, bakteri, jamur dan parasit tersebut dapat hadir di dapur.

“Mereka adalah mahluk hidup seperti kita. Mereka juga berkembang biak, dan cuma dalam hitungan menit,” terang dr. Yulia.

Apapun materi botol atau tumbler plastik atau stainless steel, mikroba dapat berkembang biak. Apalagi bila diisi kopi, teh atau minuman yang lain selain air mineral.

“Bakteri mampu mencapai 5,5 x 105CFU/cc. Lantas bagaimana mencegah bakteri berkembang biak. Satu-satunya cara mencegah mikroba berkembang biak di botol minum yakni mencucinya dengan benar,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin