Laki – Laki Dominasi Pasien Penyakit Jantung

Jakarta – Menurut dr. Bambang Dwi Putra, SpJP, dari Rumah Sakit Harapan Kita, sekitar 80 persen pasien penyakit Jantung Koroner adalah laki – laki.

Salah satu penyebabnya adalah merokok. Masih menurut Bambang, dari data yg dihimpun di Rumah Sakit Harapan Kita, ada sekktar 4500 orang pasien jantung dengan serangan jantung baru.

“Ini rata – rata usia 50 tahun. 5,4 persen di bawah 50 tahun. Hampir 80 persen dari laki – laki,” Kata Bambang ketika ditemui di acara temu media, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat, (28/09/2018).

Kemudian, data tersebut menyebutkan sekitar 64 persen adalah pasien perokok. Sekitar 54 persen mengalami hipertensi dan 30 persen pasien sakit diabetes.

“Ada sekitar 40 disebabkan karena kolesterol yg bermasalah dan 20 persen dari riwayat keluarga,” tambahnya.

Perlu diketahui, penyakit jantung koroner (PJK) adalah gangguan fungsi jantung akibat otot jantung kekurangan darah karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Secara klinis, ditandai dengan nyeri dada atau rasa tak nyaman di dada atau dada yg terasa tertekan berar saat sedang berjalan di jalan datar atau berjalan jauh.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin