Langkah Penting Untuk Para Penderita Lupus

Jakarta – Bagi pasien yg telah didiagnosa menderita penyakit Lupus macam LES (Lupus Eritematosus Sistemik) ada beberapa hal yg harus diperhatikan.

Ada hal yg bisa diperhatikan bagi meningkatkan dan mempertahankan kualitas hidup buat para penderita LES. Hal ini buat tujuan mampu hidup normal dan melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan.

“Hindari aktivitas fisik yg berlebihan, Hindari merokok. Hindari perubahan cuaca karena memengaruhi proses inflamasi, hindari stres dan trauma fisik, dan diet khusus sesuai organ yg terkena, kemudian hindari paparan sinar matahari secara langsung, khususnya UV pada pukul 10.00 hingga 15.00,” papar sekretaris direktorat jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA, Jakarta, Selasa, (08/05/2018).

Kemudian, gunakan pakaian tertutup dan tabir surya minimal SPF 30PA++ 30 menit sebelum meninggalkan rumah, hindari paparan lampu UV, hindari pemakaian kontrasepsi atau obat yang lain yg mengandung hormon estrogen. Kontrol secara teratur ke dokter, dan kemudian, minum obat secara teratur.

“Hingga ketika ini LES belum bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan adalah buat mendapatkan remisi panjang, mengurangi tingkat gejala, mencegah kerusakan organ, serta meningkatkan kesintasan,” tambahnya.

Berkat teknologi pengobatan LES yg selalu berkembang, sebagian penderita LES mampu hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal. Dukungan keluarga, teman, serta staf media juga berperan utama dalam menolong para penderita LES dalam menghadapi penyakitnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin