Lawan Neuropati, Jangan Malas Begerak

Bogor – Lebih dari 5000 orang bergerak bersama melawan neuropati .

Kegiatan tersebut dilaksanakan di pelataran Museum PETA Bogor dengan mengikuti fun walk, pemeriksaan kesehatan saraf secara gratis di 25 lokasi Neuropathy Check Point (layanan pemeriksaan kesehatan saraf) yg tersedia di area acara, serta olahraga buat kesehatan saraf (Neuromove).

Acara dihadiri oleh Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Ikatan Dokter Indonesia dan berbagai komunitas masyarakat. Kegiatan ini yaitu rangkaian dari kampanye edukasi pencegahan neuropati dengan tema Bergerak Bersama #LawanNeuropati yg kembali diinisiasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Seluruh Indonesia (PERDOSSI) dan Merck, perusahaan sains dan teknologi terkemuka.

Kegiatan Bergerak Bersama #LawanNeuropati tahun ini yaitu yg ketiga kalinya diadakan. Ini memamerkan kesinambungan komitmen bagi pencegahan neuropati. Kali ini kegiatan Bergerak Bersama #LawanNeuropati dikerjakan di kota Bogor bertepatan dengan acara puncak Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) PERDOSSI 2018 yg mengajak segala pihak, baik dari lingkungan medis, komunitas, instansi pemerintah, media dan masyarakat buat bersama-sama melakukan pencegahan neuropati.

Acara PIN PERDOSSI 2018 terdiri dari seminar edukasi untuk dokter spesialis saraf se-Indonesia dengan tema “Neurological Disease in The Human Life” dan acara puncak Bergerak Bersama #LawanNeuropati yg diikuti oleh para dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, apoteker, anggota IDI, para bidan, para suster dan pasien neuropati serta berbagai komunitas kesehatan yg ada di Bogor dan daerah sekitarnya. Kebersamaan ini menunjukan sistem yg bergerak bersama dan selaras dalam menggaungkan upaya pencegahan neuropati.

“IAI bangga mampu menjadi bagian dalam acara kampanye Bergerak Bersama #LawanNeuropati dan mengapresiasi komitmen PERDOSSI dan Merck yg secara konsisten memberikan edukasi kesehatan saraf tepi kepada masyarakat,” papar Catleya Febrinella, S.Si., MM., Apt Ketua PD IAI Jabar, baru – baru ini.

Tahun ini, IAI mendukung PERDOSSI dan Merck bagi sama-sama dilibatkan dalam mengkampanyekan kegiatan Bergerak Bersama #Lawan Neuropati yg melibatkan 1000 apoteker di Jawa Barat buat turut berperan serta dalam memberikan edukasi kesehatan saraf tepi buat masyarakat sepanjang acara berlangsung sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat Jawa Barat, terutama Kota Bogor dan sekitarnya.

Sebuah kolaborasi yg berjalan harmonis pada kesempatan ini kita harapkan mulai lahir program-program bersama yg lebih inovatif demi mewujudkan bangsa yg sehat dan berkualitas.

Ketua Pelaksana PIN PERDOSSI 2018, Dr. Zainal Arifin, Sp. S, MHKes, menjelaskan lebih lanjut mengenai puncak acara PIN PERDOSSI 2018, “Acara hari ini diikuti oleh lebih dari 500 dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, 1.000 apoteker, dan 6 asosiasi profesional laiinya seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), IIDI (Ikatan Isteri Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yg bersiap terjun segera ke masyarakat buat memberikan edukasi kesehatan saraf tepi dan pencegahan neuropati.

“Masyarakat juga mulai difasilitasi buat mendeteksi kesehatan sarafnya secara gratis melalui booth Neuropathy Check Point yg berlangsung sepanjang acara. Harapannya, acara ini mampu meningkatkan awareness masyarakat bagi akan melakukan pencegahan neuropati,” ujar Zainal. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin