Luka Karena Kebas Dapat Timbulkan Infeksi

Jakarta – Infeksi akibat neuropati banyak dialami oleh mereka yg mengalami kebas atau mati rasa atau baal sehingga tak terasa saat luka.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat yg juga konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, luka yg terjadi sangat mungkin terkena infeksi. Infeksi semakin parah saat dialami oleh penderita diabetes.

“Pada penderita diabetes, angka prevalensi neuropati meningkat menjadi 50 persen atau 1 dari 2 penderita. Penurunan kualitas hidup terjadi saat intensitas gejala-gejala neuropati semakin sering,” papar Manfaluthy ketika ditemui di acara neurobion, Jakarta, baru – baru ini.

Risiko Neuropati mampu terjadi pada siapa saja. Bahkan kini gejala neuropati telah dirasakan oleh mereka yg berusia muda 26-30 tahun merupakan sebanyak 1 dari 3 orang.1

“Hal ini ditunjang oleh faktor gaya hidup dengan aktivitas keseharian yg terus-menerus dan berulang, seperti beraktivitas dengan gadget 61,5 persen, mengendarai motor atau mobil 58,5 persen, duduk dengan posisi sama dalam waktu yg lama 53,7 persen, dan mengetik dengan komputer 52,8 persen,” tambahnya.

Selain itu, rendahnya kesadaran konsumsi vitamin B, cuma 30,2 persen yg mengkonsumsi, memberikan kontribusi terhadap tingginya risiko Neuropati tersebut. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin