Makan Ikan Berlemak Cegah Risiko Penyakit Jantung

London – Mengkonsumsi ikan berlemak empat kali seminggu mampu menolong meningkatkan jumlah kolesterol baik dan mencegah risiko penyakit jantung.

Mengutip dari zeenews, Sabtu, (26/05/2018), temuan studi tersebut memamerkan bahwa ikan berlemak meningkatkan ukuran dan lipid komposisi partikel high-density lipoprotein (HDL), juga dikenal sebagai kolesterol baik, pada orang dengan metabolisme glukosa terganggu.

Kemudian, memakai setiap hari sekitar 30 ml minyak camelina, yg kaya mulai Alfa-linolenat, yg yaitu suatu asam lemak esensial omega-3, juga ditemukan buat mengurangi jumlah partikel berbahaya menengah-density lipoprotein (IDL).

IDL lipoprotein adalah pendahulu (low-density lipoprotein) LDL, yg juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Studi sebelumnya sudah memperlihatkan bahwa asam lemak rantai panjang omega-3 ditemukan di ikan memiliki efek menguntungkan pada lipoprotein ukuran dan komposisi.

Kedua perubahan ini bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kata para peneliti dari University of Eastern Finland.

Untuk penelitian ini, diterbitkan dalam jurnal penelitian nutrisi & makanan molekul, tim yg terlibat hampir 100 Finlandia pria dan wanita berusia antara 40 dan 72, dengan gangguan metabolisme glukosa.

Peserta studi secara acak dibagi menjadi empat kelompok intervensi 12-minggu: camelina minyak kelompok, kelompok ikan berlemak, kelompok ikan kurus, dan kelompok kontrol.

Sementara orang-orang dalam kelompok minyak camelina , kelompok ikan berlemak, memamerkan HDL berpotensi lebih tinggi dan lebih rendah tingkat kolesterol IDL, Makan ikan yg ramping, itu tak dikaitkan dengan perubahan nomor, ukuran atau komposisi partikel lipoprotein, kata para peneliti.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin