Makanan Sehat Berawal Dari Rumah

Jakarta – Makanan rumah yaitu faktor terpenting dalam pola makan sehat. Memasak masih dirasa sulit, memakan waktu lama, dan membosankan buat sebagian orang.

Padahal menurut studi yg dikerjakan oleh Julia A. Wolfson, MPP yg menganalisa data survei dari National Health and Nutrition Examination menyebutkan bahwa, orang kadang memasak di rumah mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat, gula dan lemak daripada orang yg jarang memasak di rumah.

“Umumnya ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat termasuk bagaimana pola makan sehat untuk keluarganya. Namun yg seringkali diabaikan adalah proses memasaknya,” ujar dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi RS Medistra ketika ditemui di acara Talk Show dan Cooking Demo #ThePowerofHomemadeFood Philips, Jakarta, Kamis (07/12/2017).

Masig menurutnya, sangat disayangkan apabila bahan bakunya telah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yg tak sehat sehingga gizi makanan tak maksimal. Misalnya proses menggoreng yg tentu saja memakai minyak yg banyak.

“Penggunaan minyak ini mulai meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini tentu saja mampu meningkatkan resiko seseorang bagi menjadi obesitas. Obesitas, berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan yang lain sebagainya. Memasak sehat mampu juga dikerjakan dengan cara masak yg sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak,” tambahnya.

Sementara itu Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia menjelaskan, tingkat kesadaran masyarakat mulai pentingnya menjaga gaya hidup sehat telah semakin tinggi. Namun secara umum, masyarakat kami masih dalam fase kuratif.

“Karena itu kalian ingin meningkatkan kesadaran masyarakat buat masuk ke fase preventif sehingga bisa mencegah penyakit-penyakit yg diakibatkan oleh gaya hidup yg tak sehat,” ujar Yongky. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin