Manfaat Dongeng Bagi Tumbuh Kembang Anak

Jakarta – Dongeng adalah cara terbaik bagi berkomunikasi antara orangtua dengan anak. Lantas apa saja manfaat dongeng?

Menurut Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), mendongeng adalah salah satu cara bagi merangsang aspek perkembangan jiwa pada anak. Mendengarkan dongeng dengan kata – kata yg beragam, ini mulai memberikan kekayaan dalam berbahasa.

“Misalnya, kancil itu berjalan berjingkat. Anak segera bertanya. Apa itu berjingkat Ma? Disitu terjadi komunikasi dan rasa ingin tahu yg tinggi dari anak terhadap suatu kata baru,” kata Seto Mulyadi ketika ditemui di acara kampanye Nivea #SentuhanIbu, Jakarta, Rabu, (28/11/2018).

Masih menurutnya, dengan dongeng ada sebuah sentuhan interaksi yg terjadi antara orangtua dengan anak. Ini yaitu sebuah cara bagi menciptakan komunikasi dua arah antara anak dan orangtua.

“Dengan menceritakan berbagai dongeng kepada anak. Ini mulai memberikan perkembangan kognitif pada anak,” tambahnya.

Anak juga bisa berkembang tingkat kreativitasnya. Dengan banyak cerita dongeng yg diberikan orangtua, di sini juga dapat menjadi ajang orangtua mengenalkan nilai – nilai moral yg baik dan buruk dalam menjalani kehidupan.

“Misalnya, si kancil pernah bohongin ular. Boleh enggak berbohong? Enggak boleh. Cerita dongeng juga dapat tentang memperkenalkan bagaimana menjalani persahabatan atau pertemanan yg baik,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin