Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Jakarta – Menjalankan ibadah Puasa Ramadan membuat seseorang mengurangi frekuensi makan yg biasanya tiga kali menjadi dua kali.

Jika ini dilaksanakan memang mulai terjadi pembatasan asupan makan dan pembatasan kalori (restriksi kalori).

Menurut Dr.Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam spesialis pencernaan menjelaskan dampak adanya pembatasan makan dalam hal ini adalah asupan kalori jelas mulai membuat manfaat untuk kesehatan seseorang yg menjalani ibadah puasa.

“Pembatasan makan mulai membuat tubuh melakukan penghancuran lemak tubuh. Pembatasan makan juga menyebabkan pengurangan radikal bebas yg berbahaya untuk tubuh kita,” papar Dr.Ari Fahrial Syam, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (15/05/2018).

Masih menurutnya, jadi dengan adanya pembatasan makan, berat badan mulai turun, kolesterol mulai turun, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol. Selain itu adanya puasa sepanjang hari mulai membuat manusia mengurangi konsumsi camilan-camilan yg tak sehat seperti coklat, keju, lemak.

“Mengurangi makanan – makanan yg manis dan asin yg belum tentu sehat untuk tubuh kita. Selain itu buat orang yg merokok mulai mengurangi konsumsi rokoknya setiap hari. Sehingga puasa mulai membuat orang sehat menjadi tambah sehat dan orang dengan penyakit kronis (Hipertensi, Kencing Manis, Kegemukan dan kolesterol tinggi) mulai membuat penyakit menjadi lebih baik dan terkontrol,” tambahnya.

Tentu keadaan sehat yg diharapkan ini tak mulai tercapai kalau dalam berpuasa ini bisa melakukan budaya balas dendam ketika berbuka. Sehingga tujuan pembatasan makan dan pembatasan kalori tak tercapai.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin