Mengenal Lebih Dalam Soal Difteri

Jakarta – Difteri adalah infeksi yg disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheriae yg umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang bisa memengaruhi kulit.

Menurut dr. Verry Adrian Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yg berpotensi mengancam jiwa seandainya tak langsung ditangani.

“Jakarta telah ada yg meninggal karena difteri. Karena itu, dinas kesehatan Jakarta merasa utama buat mengatakan hal ini buat masyarakat. Ini karena bakteri bukan karena virus,” papar dr. Verry Adrian Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ketika ditemui di acara Mundipharma Penanganan Luka Ringan yg Tepat di RPTRA Kalijodo, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Banyak yg salah mengira saat mengalami gejala demam, sakit menelan dan sepalut pseudomembran, putih keabu-abuan yg tak gampang lepas dan gampang berdarah.

“Tapi yg khas adalah adanya selaput putih keabu-abuan yg tak gampang lepas dan gampang berdarah. Ini yg perlu diperhatikan. Tidak usah lama – lama, jadi segera ke rumah sakit,” tambahnya.

Masih menurutnya, seandainya selaput putih tersebut menutup tenggorokan nanti mulai mengakibatkan sulitnya bernafas hingga menyebabkan kematian.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin