Menkes Ajak Gunakan Pos Layanan Kesehatan Gratis

Banten – Menteri Kesehatan Nila F.Moeloek bersama Menko PMK, Kapolri, Menhub dan Panglima TNI meninjau pos kesehatan mudik di Pelabuhan Merak Provinsi Banten.

Peninjauan ini diharapkan menjadi motivasi untuk para pemudik dan pengemudi agar bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan yg sudah disediakan oleh Pemerintah.

Di Pelabuhan Merak, terdapat enam posko layanan kesehatan yg mampu dimanfaatkan oleh masyarkat yg berada di pelabuhan Merak, Banten. Posko ini berdiri atas kerjasama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Banten dengan Polres Cilegon, Polda Banten dan BPJS Kesehatan yg tersebar di dermaga 1-6. Setiap pos pelayanan kesehatan terdiri dari 7 orang tenaga kesehatan (dokter, petugas surveilans dan perawat) perharinya setiap shift jaga.

Data harian kejadian penyakit dan kecelakaan di pos pelayanan kesehatan dari H-14 sampai dengan H-5 tanggal 10 Juni 2018 dengan total dari akumulasi segala posko terdapat 104 pasien yg sudah terlayani, dengan gejala paling penting Mylagia/fatigue (demam, pusing, kelelahan), ISPA, Disepsia/Gastritis dan hipertensi.

Dengan distribusi pasien berdasarkan golongan umur 19-40 tahun sebesar 74 persen; >40 tahun 18 persenn; 10-14 tahun 3 persen; 15-18 tahun 2 persen; 1-4 tahun 2 persen dan 5-9 tahun 1 persen, sedangkan berdasarkan status dari pasien yg memanfaatkan pos kesehatan merupakan 63 persen pemudik; 28 persen patugas; 7 persen masyarakat pelabuhan dan 2 persen Anak Buah Kapal (ABK).

“kami ikut bertanggung jawab bersama Basarnas buat pengamanan dan bagi yg sakit bisa memanfaatkan pos kesehatan dan cek kesehatan. Alat kesehatan telah cukup lengkap. Kami juga sudah menyiapkan ambulans seandainya memang pasien ada yg perlu dirujuk ke RS terdekat yg mampu dinikmati secara gratis,” jelas Menkes Nila F. Moeloek, Selasa, (12/06/2018).

Selain dengan adanya fasilitas kesehatan yg sudah dilengkapi, tentunya Menkes Nila juga mengingatkan bahwa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), minum air putih secukupnya jangan sampai dehidrasi, ketika mengemudi tak boleh minum obat-obatan yang membuat kantuk dan minuman alkohol.

“Prinsipnya adalah keselamatan itu dari diri sendiri karena kami milik tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga. Jika lelah istirahat dan belajar bagi manajemen waktu,” pesan Menkes Nila ketika meninjau Pos Kesehatan di Dermaga 5 Pelabuhan Merak.

Menkes juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada polisi, tenaga kesehatan, dan TNI yg sudah memberikan fasilitas dan meluangkan waktu buat memberikan bantuan kepada masyarakat ketika mudik lebaran tahun ini.

“Selamat bertugas buat tenaga kesehatan dalam giat mudik lebaran tahun ini. Tetap semangat dan jaga kesehatan, bagi pengemudi hati-hati ketika berkendara dan buat pemudik selamat berjumpa dengan keluarga dan jangan lupa jaga kesehatan,” kata Menkes Nila.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin