Muncul Ragam Alternatif Pengganti Kantong Plastik

Jakarta – Produk alternatif pengganti kantong plastik akan banyak berkembang. Apa saja?

Sejak diberlakukannya penghentian penggunaan kantong plastik, Kota Banjarmasin gencar mengenalkan tas bakul purun sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai. Begitupun di DKI Jakarta, Project Semesta gencar mengenalkan model “bulk store” bagi mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Hal ini disampaikan oleh Rinda Liem selaku pelopor Project Semesta, seperti yg dikutip dari siaran pers yg diterima, Jakarta, Rabu, (04/07/2018)

“Project Semesta hadir bagi memberikan pengalaman berbelanja tanpa kemasan plastik sekali pakai. Kami banyak melakukan pop-up store dan bekerja sama dengan berbagai pihak bagi menyediakan konsep tersebut di beberapa event di Jakarta. Dengan model ini, kita mengajak masyarakat buat membawa
wadah sendiri yg mampu digunakan ulang”.

Melihat efek bola salju dari pengurangan sampah kantong plastik, pemerintah daerah akan memamerkan komitmennya buat akan membahas strategi pengurangan sampah kantong plastik di daerah masing-masing yg kemudian dilanjutkan dengan proses penyusunan kebijakan. Komitmen tersebut dideklarasikan oleh 24 kabupaten/kota pada lokakarya yg dikerjakan di Kota Banjarmasin pada bulan April 2018 lalu..

“Kami mendorong dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada DKI Jakarta dan kabupaten/kota lainnya buat mampu mengikuti model yg sudah diterapkan di Kota Banjarmasin dan Kota Balikpapan dalam menerapkan kebijakan pengurangan sampah kantong plastik,” lanjut Tiza, yg juga sudah menerima pengakuan dari UN Environment
sebagai Ocean Hero 2018.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin