Murid SD Mampu Lahirkan Pengering Sikat Gigi

Jakarta – Alya Kusuma Nurjannah, salah satu siswi SDN Mangkubumen Lor 15 Surakarta berhasil terpilih menjadi anak terfavorit karena memiliki inovasi yg baru dan unik.

Karyanya adalah TBD (Tooth Brush Dry). Ini adalah sebuah alat buat mengibaskan sikat gigi agar air yg ada di dalam sikat gigi keluar. Tidak cuma itu, alat ini juga dapat mengkeringkan dengan disinari ultraviolet agar kuman – kuman dan bakteri yg ada di bulu sikat gigi mati dan tak tumbuh.

“Pasti seluruh orang mengalami hal ini. Biasanya orang – orang membersihkan dengan air dan ditaruh lagi ke tempat sikat gigi. Padahal, hal itu mulai membuat menjadi sarang bakteri,” kata Alya ketika ditemui di acara Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018, Jakarta, Sabtu, (15/09/2018).

Masih menurutnya, seandainya bakteri yg ada di sikat gigi dibiarkan mulai menjadikan bakteri berkembang dan menumbuhkan 1000 kuman.

“Ini yg mulai membuat infeksi pada mulut dan menyebabkan penyakit di gigi dan mulut,” tambahnya.

Hari Nugroho, Kepala Komunikasi Eksternal & CSR PT Kalbe Farma Tbk, menegaskan, KJSA 2018 tahun ini semakin meriah karena banyak anak – anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di segala Indonesia ikut berkompetisi.

“Ini adalah bagian dari program Kalbe buat mengenalkan ilmu pengetahuan sejak dini. Sehingga ke depan, anak – anak mampu berkontribusi buat Indonesia di masa mulai datang. Sejak 2011 telah dilaksanakan Kalbe Junior Scientist Award (KJSA). Tahun ini adalah tahun ke delapan diadakan dan animo masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Hari.

Untuk tahun ini, masih menurut Hari, terdapat peserta finalis yg paling jauh berasal dari Maluku Utara. Meskipun peserta masuk ada juga dari Papua.

“Hari ini diumumkan sebanyak 10 orang anak pemenang unggulan dan satu anak yg terfavorit. Kedepan harapanya, anak – anak milik minat yg tinggi terhadap scient dan minat tinggi terhadap ilmu pengetahuan. Ini mampu menjadi sebuah pemecahan persoalan dan memiliki inovasi yg baru bagi persoalan yg terjadi di kehidupan masyarakat,” tambah Hari.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin