Orangtua Berperan Lindungi Keluarga Dari Diabetes

Jakarta – Orangtua menjadi pemegang peranan utama dalam melindungi keluarga dari diabetes. Seperti apa?

Orangtua sebaiknya memperhatikan faktor gaya hidup tak sehat yg menjadi pemicu diabetes tipe 2, antara yang lain jumlah asupan energi yg tinggi seperti tinggi lemak dan gula, kurang serat, kemudian jadwal makan yg tak teratur, tak sarapan, dan kebiasaan mengemil, teknik pengolahan makanan yg salah juga menjadi penyebab.

Misalnya, teknik pengolahan makanan seperti memakai minyak, gula, dan santan kental. Kemudian, kurangnya aktivitas fisik yg diakibatkan dengan kemajuan teknologi, dan tersedianya berbagai fasilitas yg memberikan berbagai kemudahan untuk sebagian besar masyarakat.

“Keluarga memberi pengaruh utama dalam menjalankan gaya hidup sehat. Diabetes itu bukan keturunan, tapi gaya hidup yg mempengaruhi di lingkungan keluarga,” papar Asijikin Iman Hidayat Dachlan, Sektretaris Direktur Penyakit Tidak Menular ketika ditemui di acara Diabetes dan family lindungi keluarga dari diabetes di kantor P2P Kemenkes kerjasama dengan Nutrifood, Jakarta, Jumat, (13/04/2018).

Prevalensi diabetes di Indonesia mengalami peningkatan dari 5,7 persen pada 2007 menjadi 6,9 persen atau sekitar 9,1 juta jiwa pada 2013. Kemudian, data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 memperlihatkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke – 6 dunia dengan jumlah penderita diabetes sebanyak 10,3 juta jiwa.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin