Orangtua Harus Bebaskan Anak Bermain Di Luar

Jakarta – Banyak manfaat yg didapat saat anak merasakan sensasi main di luar ruangan.

Menurut dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH selaku dokter konsultan tumbuh kembang anak, ketika ini masih banyak orangtua yg melarang anak bermain di luar ruangan dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah alasan keamanan.

“Keamanan menjadi salah satu alasan orangtua melarang anak bermain. Karena, sangat berbahaya main di jalan,” papar Bernie ketika ditemui di acara Early Learning Center (ELC), Jakarta, baru – baru ini.

Menurut World Health Organization (WHO), waktu yg harus digunakan buat aktivitaa fisik anak adalah satu jam setiap harinya. Aktivitas fisik dalam bentuk permainan juga sangat merangsang perkembangan dan kemampuan otak pada anak.

“Dengan bermain di luar rumah, anak mampu mampu bersosialisasi dengan orang lain. Kemudian, anak juga dapat diajak belajar berbagi dan berempati. Misalnya ketika bermain bola. Anak dapat belajar berbagi dengan temannya,” tambahnya.

Beberapa manfaat dari aktivitas bermain di luar ruangan lainnya adalah, meningkatkan kemampuan berkoordinasi, kekuatan, kontrol motorik, mengajarkan strategi bermain, eksplorasi dan menghargai alam.

“Mendapatkan paparan sinar matahari dan juga berlatih bermain dalam tim buat berani mengambil risiko,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin