Pasien Diabetes Harus Hati – Hati Dengan Kaki?

Jakarta – Masalah kaki yaitu penyebab utama dari komplikasi pada individu dengan diabetes. Lantas, mengapa orang dengan diabetes harus berhati – hati dengan kaki mereka?

“Orang yg hidup dengan diabetes tipe 2 memiliki gejala yg begitu ringan. Penderita tak mulai menyadari keadaan kesehatannya tengah terganggu dalam jangka waktu yg lama,”kata dr Asijikin Iman Hidayat Dachlan, MHA, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru – baru ini.

Kondisi diabetes yg dibiarkan mulai menimbulkan komplikasi pada tubuh. Salah satunya adalah sensasi yg dirasa pada kaki. Selama bertahun – tahun, sirkulasi darah di tungkai dan kaki mampu menjadi buruk dan saraf menjadi kurang sensitif. Individu dengan diabetes tak sadar dapat melukai kaki mereka karena berkurangnya sensasi.

Pasien berisiko bagi terjadi persoalan kaki lebih tidak jarang pada usia lebih dari 40 tahun, memakai beberapa bentuk tembakau, mengalami penurunan sensasi alirah darah ke kaki dan kai, cacat anatomis atau riwayat ulkus kaki atau amputasi sebelumnya.

Untuk mencegah komplikasi kaki, individu dengan diabetes harus memeriksa secara teratur keadaan kaki mereka. Seperti saat terdapat pendarahan, kapalan, lecet, kuku tumbuh ke dalam, kulit kering dan pecah – pecah, kemerahan, bengkak, kehangatan, nyeri pada kaki, penyembuhan lambat dari luka, dan hilangnya sensasi.

Dengan perawatan kaki yg tepat, diperkirakan bahwa sebanyak setengah dari amputasi tungkai dan kaki mampu dicegah. Selain itu, pilihan yg tepat bagi alas kaki juga sangat penting. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin