Penting, Jangan Lupakan Protein Nabati

Jakarta – Protein nabati adalah asupan yg tak boleh dilupakan dalam tubuh sehari – hari. Ini juga sama pentingnya dengan protein hewani.

Menurut Dr. Ida Gunawan M.S., Sp.GK-K, ahli gizi klinis, protein nabati sangat baik buat tubuh karena menjadi sumber serat yg sangat baik. Ini sangat berpengaruh buat kesehatan tubuh di masa depan. Terutama ketika fase anak sedang tumbuh dan berkembang.

“Kecukupan nutrisi sangat utama di fase kritis tumbuh kembang anak, salah satunya adalah komponen protein hewani dan nabati. Soya mampu menjadi alternatif protein buat anak. Namun, konsumsi soya pada anak-anak perlu disertai dengan konsumsi makronutrien dan mikronutrien yg seimbang,” kata Ida ketika ditemui di acara The Journey of Soya yg digelar Danone, Jakarta, Rabu, (24/10/2018).

Masih menurutnya, orangtua dapat dengan cepat memperkenalkan protein nabati sejak dini akan tahap MPASI (Makanan Pendamping ASI). Mulai dari memperkenalkan tempe, tahu, kacang kedelai, dan protein nabati lainnya.

“Biasanya anak akan mengenal makanan dan rasa ketika akan makan. Ini adalah kesempatan para orangtua mengenalkan protein nabati kepada anak,” tambahnya.

Ada banyak cara kreatif yg mampu dikerjakan orangtua dalam menyajikan makanan buat anak. Misalnya, saat anak telah akan suka makanan berbentuk nugget. Orangtua dapat mengakali dengan membuat nugget yg memiliki bahan dasar tahu.

“Ini sangat baik buat pertumbuhan tubuh anak. Dengan asupan protein nabati yg yg cukup, pertumbuhan anak mulai lebih baik dan seimbang. Tak lupa pula dengan asupan protein hewani,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin