Penting, Ketahui Jarak Kehamilan Ideal

Padang – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty selalu mensosialisasikan tentang pentingnya mengetahui jarak kehamilan ideal.

Kali ini dia mengadakan sosialisasi dan advokasi tentang program keluarga berencana ke Pondok Pesantren Ar-Risalah Kota Tangah Padang, baru – baru ini. Dengan kegiatan tersebut, dia berharap program – program BKKBN bisa dipahami para santri dan dapat menekan angka kelahiran bayi di Sumatera Barat.

“Usia paling idela melahirkan secara biologis, sosial, dan ekonomi paling rendah 21 tahun. Jarak kehamilan ideal anak pertama dan kedua minimal 3 sampai 5 tahun,” kata Surya.

Kemudian, buat keamanan kesehatan para wanita, batas maksimal melahirkan adalah pada usia 35 tahun. Hal tersebut dilihat dari kesehatan rahim para wanita karena seandainya melahirkan diatas 35 tahun, sangat mengkhawatirkan nyawa sang ibu.

“Apabila dirata – rata, setiap 1,5 jam ibu hamil melahirkan. Maka itu, angka harus ditekan, agar tak terjadi ledakan penduduk di Indonesia,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin