Penting, Menjaga Keseimbangan PH Area Kewanitaan

Jakarta – Daerah kewanitaan sangat utama dijaga keseimbangan pH alami. Lantas, berapa angkat pH yg baik bagi area wanita.

dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia menjelaskan, Area kewanitaan memiliki tingkat pH alami di angka 3,8, – 4,2, Keseimbangan pH alami perlu dijaga agar bakteri baik atau lactobacillus di area kewanitaan tetap mendominasi.

“Bakteri baik ini mampu mencegah area kewanitaan dari berbagai gejala infeksi seperti gatal, bau, dan keputihan berlebih. Salah satu senyawa yg dapat menolong pertumbuhan bakteri baik di area kewanitaan adalah prebiotik,” kata dr. Mery Sulastri, ketika ditemui di acara Betadine, Jakarta, Selasa,(24/04/2018).

Masih menurutnya, prebiotik mampu berfungsi sebagai makanan atau nutrisi untuk perkembangan bakteri baik di area kewanitaan. Dengan demikian, prebiotik ini dapat tetap menjaga tingkat pH normal di area kewanitaan.

Kemudian, dr. Mery menambahkan, bagi menjaga keseimbangan pH dan flora normal, area kewanitaan perlu dibersihkan setiap hari. Pilihan pembersih yg baik bagi area kewanitaan adalah yg memiliki pH yg sesuai dengan pH alami area kewanitaan.

“Salah satu kekeliruan yg kadang terjadi dalam membersihkan area kewanitaan adalah dengan memakai body wash atau sabun badan,” tambahnya.

Penggunaan sabun badan kurang disarankan karena pH yg terkandung pada sabun badan berada di angka 9 – 10 dan kurang ideal buat membersihkan area kewanitaan yg memiliki pH lebih asam. Membersihkan area kewanitaan dengan sabun badan bisa menyebabkan kekeringan pada kulit dan berpotensi menjadi peradangan (vulvar dermatosis) yg mampu mengganggu tingkat pH alami dan flora normal di area kewanitaan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin