Penting! Remaja Harus Sadar Tinggi Badan

Jakarta – Remaja Indonesia banyak yg tak menyadari, mereka memiliki tinggi badan yg pendek atau disebut stunting.

Rata-rata tinggi anak Indonesia lebih pendek dibandingkan dengan standar WHO, merupakan lebih pendek 12,5cm pada laki-laki dan lebih pendek 9,8cm pada perempuan.

“Stunting ini mampu menimbulkan dampak jangka pendek, diantaranya penurunan fungsi kognitif, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan gangguan sistem metabolism tubuh yg pada akhirnya bisa menimbulkan risiko penyakit degeneratif, seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, dan obesitas,” kata Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Pattiselano Robert Johan, MARS, Jakarta, Selasa, (15/05/2018).

Karena itu, pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu prioritas nasional guna mewujudkan cita-cita bersama. Cita – cita tersebut merupakan menciptakan manusia Indonesia yg tinggi, sehat, cerdas, dan berkualitas.

Tidak cuma itu. Masalah yang lain yg ada pada remaja adalah badan yg kurus. Remaja yg kurus atau kurang energi kronis mampu disebabkan karena kurang asupan zat gizi, baik karena alasan ekonomi maupun alasan psikososial seperti misalnya penampilan. Kondisi remaja KEK meningkatkan risiko berbagai penyakit infeksi dan gangguan hormonal yg berdampak buruk di kesehatan.

“KEK sebenarnya mampu dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin