Penyakit Autoimun Tidak Dapat Sembuh?

Jakarta – Semua penyakit autoimun tak bisa sembuh. Tapi seandainya mengalami remisi, hilang penyakit secara lengkap, mampu dengan kontrol yg tegas.

Menurut Iris Rengganis Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM banyak sebab yg menimbulkan penyakit autoimun. Hal itu dapat karena adanya infeksi, hormonal, dan lingkungan. Dengan demikian harus diperhatikan seperti konsumsi makanan yg tak sehat.

“Dulu diet makanan bagi penyakit yg disebabkan autoimun itu tak terlalu diperhatikan. Saat ini banyak sekali teori atau penemuan diet tentang makanan yg harus diperhatikan buat penyakit autoimun bukan cuma bagi penyakit diabetes,” papar Iris Rengganis Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM ketika ditemui di acara Ginjal dan Kesehatan Perempuan, Jakarta, Rabu (07/03/2018).

Terkadang, masih menurutnya, para pasien yg telah mengalami lupus, masuk dalam ruang praktik telah menangis terlebih dahulu. Yang utama adalah bagaimana seseorang akan ikhlas menerima penyakitnya.

“Setelah menerima, hati harus benar – benar menerima keadaan. Kemudian, akhirnya saat menerima keadaan, tubuh dan keadaan lebih baik dan dapat menjalankan hidup lebih ikhlas,” tambahnya.

Jadi, lebih baik adalah bagaimana mengatur pola makan dengan baik. Konsumsi makanan yg sehat, hindari makanan yg terlalu banyak garam, gula, dan juga daging merah.(tka)

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin