Perempuan Lansia Hati – Hati Dengan Radang Sendi

Jakarta – Apakah Anda kerap bertemu para orangtua yg mengalami sakit pada persendian di bagian lutut? Nah, biasanya sakit tersebut terjadi pada perempuan usia lanjut.

Menurut dr. Asril Bahar, Sp.PD,K-GER, salah satu dokter dari rumah sakit Tebet menjelaskan, gangguan sendi pada lutut, kemudian tulang lutut yg keropos, dan radang sendi kerap melanda banyak perempuan. Hal ini dipengaruhi faktor hormonal setelah perempuan berhenti menstruasi atau menopause.

“kalau bagi laki – laki tak banyak terjadi. Jika para laki – laki dapat banyak bekerja dan bergerak, hal ini mampu diatasi,” papar dr. Asril Bahar, Sp.PD,K-GER, ketika ditemui di acara ulang tahun Rumah Sakit Tebet, Jakarta, Selasa, (10/04/2018).

Asril menambahkan, saat perempuan mengalami radang sendi, hal itu mampu mengalami kesembuhan seandainya konsumsi obat secara teratur bagi mengatasi nyeri pada sendi. Tetapi, perlu diingat, konsumsi obat harus diberikan oleh dokter khusus.

“Radang sendi dapat diatasi dengan konsumsi obat. Kemudian, para perempuan harus dibiasakan bekerja atau berlatih agar sendinya mampu terbiasa dan tak mengalami sakit. Contoh lihat di kampung banyak kakek – kakek dan nenek – nenek mikul kayu tak masalah. Mereka banyak bekerja dan terbiasa,” tambahnya.

Kunci dari lutut yg sehat adalah berlatih bergerak dan olahraga teratur. Kemudian, pola hidup harus sangat dijaga buat para orangtua. Yang terpenting adalah mau bekerja.

“Kalau mau bekerja dapat sembuh, seperti harus mengerjakan rumah. Semua ikut bekerja. Mencegahnya dengan olahraga,” ujarnya.

Tidak kalah utama lainnya adalah paparan sinar matahari. Para orangtua juga sangat membutuhkan paparan sinar matahari karena banyak mengandung vitamin D.

“Sinar matahari pada ketika pagi. Biasanya orang – orang keluar rumah tertutup dan pakai payung. Nah, mencoba biasakan keluar pagi hari buat mendapatkan paparan sinar matahari yg baik,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin