Perempuan Perlu Tahu Tentang Kanker Serviks

Jakarta – Penyakit kanker serviks dan payudara yaitu penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia pada tahun 2013. Nah, sebagai perempuan, Anda harus mengetahui lebih dalam tentang hal ini.

Prevalensi penyakit tersebut sekitar 0,8 persen pada 2013. Kemudian, prevalensi tertinggi sebesar 1,5 persen terdapat di Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Maluku Utara, dan Provinsi D.I. Yogyakarta.

Mengutip dari buku saku sehat dan bersih ketika menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Persatuan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, yg didukung penuh oleh Mundipharma, ditulis pada, Selasa, (27/03/2018), sebagai seorang perempuan, Anda perlu melakukan pap smear secara teratur setidaknya tiga tahun sekali sejak berusia 25 tahun.

Kemudian, lakukan vaksinasi HPV (Human Papiloma Virus). Perlu diketahui, HPV adalah sekelompok dari lebih 100 virus yg saling terkait. Sekitar 40 macam di antaranya ditularkan secara kontak seksual.

Vaksin tersebut pada tahun 2017 diberikan secara gratis bagi anak perempuan usia 9 – 12 tahun. Perlu diingat, vaksinasi cuma efektif bila diberikan pada usia 9 – 25 tahun.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin