Perhatikan Asupan Minuman Agar Tetap Sehat

Jakarta Anda kerap konsumsi air minuman dalam kemasan? Pernahkah terpikir apa risiko yg ditimbulkan dari kebiasaan konsumsi air minum kemasan?

Isu air minum kemasan tercemar mikroplastik masih menyisakan pertanyaan besar tentang dampaknya terhadap kesehatan. Risiko apa yg sebenarnya dapat ditimbulkan seandainya terus-menerus mengonsumsi air minum kemasan yg mengandung mikroplastik?

Meskipun belum ada riset pasti tentang dampaknya terhadap manusia, namun penelitian terhadap biota laut telah pernah dikerjakan di Swedia. Hasilnya adalah adanya perubahan perilaku pada ikan yg terkontaminasi mikroplastik. Ikan-ikan tersebut mulai makan lebih sedikit dan geraknya menjadi lebih lamban.

Bahkan, pernah ditemukan masalah ikan mengidap tumor setelah menelan mikroplastik. Info ini seperti yg pernah dijelaskan oleh Dirhamsyah dan Reza Cordova, peneliti di Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kepada media beberapa waktu lalu, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (30/04/2018).

Mikroplastik adalah plastik berukuran mikroskopis atau tak dapat dilihat dengan mata telanjang. Partikelnya yg berukuran tak lebih dari 5mm disebut sebagai polutan lingkungan yg sulit terurai.

Apabila mikroplastik terakumulasi dalam jumlah besar, mikroplastik berpotensi mengganggu kerja organ vital dan metabolisme tubuh manusia. Hal ini karena mikroplastik mulai tertahan di dalam tubuh dan sulit dikeluarkan.

Walaupun dampak tersebut masih berupa indikasi, namun ada baiknya kalian tetap mengurangi penggunaan plastik, khususnya konsumsi air minum kemasan botolan. Tidak ada salahnya akan membawa tumbler sendiri yg kualitas material botolnya telah teruji aman (food grade).

Kualitas air minumnya sendiri sangat perlu diperhatikan, contohnya Anda dapat memakai ADVANCE Allegro Series yg memakai teknologi Reverse Osmosis. Teknologi RO ini yaitu teknologi filter air minum tercangguh yg telah teruji aman dikonsumsi.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin