Perhatikan, Ini Tanda Anak Berkembang

Jakarta – Kenapa utama harus menjaga anak sehat di 1000 hari pertama kehidupan? Karena, ini bisa mempengaruh tumbuh kembang anak.

Dr Trully Kusumawardhani, SpA dari RS Hermina Kemayoran Klinik Terapi RHE menjelaskan, menurut penelitian, ketika di dalam kandungan hingga usia tiga tahun, otak anak mampu tumbuh dengan cepat.

“Masih di dalam kandungan itu berat otak ada 100 gram, lahir 400 gram, 18 bulan 800 gram, usia 3 tahun sekitar 1100 gram. Untuk orang dewasa adalah 1300 – 1400. Saat lima tahun itu telah 90 persen berkembang dengan baik otaknya. Kemudian, 10 persen otak berkembang setelah usia lima tahun,” papar Dr Trully Kusumawardhani, SpA ketika ditemui di acara Forum Ngobras, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Masih menurutnya, perkembangan otak anak adalah dari awal sensori awal ketika di dalam kandungan hingga lima tahun. Periode kritis perkembangan otak terjadi di usia dini terutama di 1000 hari pertama. Hal ini yaitu penentu kualitas tumbuh kembang anak jangka panjang.

“Orangtua harus memperhatikan dengan baik tumbuh kembang anak. Tandanya adalah, misalnya ketika bayi lahir berat badan 3 kg, dalam setahun paling tak harus bertambah berat badan paling tak tiga kali dari berat badan. Kemudian, panjang anak 50 cm, paling tak bertambah sekitar 25 cm dalam usia 1 tahun,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin