Perhatikan, Penting Sekali Vaksin HPV

Jakarta – Infeksi HPV tak ada obatnya sehingga langkah paling efektif adalah vaksinasi HPV.

Vaksin HPV sangat aman karena dibuat dari cangkang virus sebagai zat aktif vaksin sehingga tak berbahaya. Begitu disuntikkan mulai terbentuk antibodi yg menyebar melalui darah ke semua jaringan, termasuk serviks.

“Vaksin HPV diberikan pada anak perempuan usia 9-14 tahun dengan dua dosis dan pada perempuan dewasa usi 14-44 tahun, 3 dosis (bulan 0,2 dan 6 bulan),” Prof. dr. Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) ketika ditemui di acara Ngobras, Jakarta, baru – baru ini.

Untuk program nasional dan pilot project, vaksin diberikan pada anak kelas 5 SD (usia 5 tahun). Mengapa? Karena pernikahan di bawah umur masih tinggi di Indonesia. Jadi dikejar sebelum seorang anak remaja menikah (aktif secara seksual).

“Biaya buat program nasional kanker serviks jauh lebih murah dibandingkan biaya pengobatan kanker serviks. Jika ada 2 juta anak perempuan usia 10 tahun, dan diperkirakan harga sekali suntik 6 dolar maka cuma dibutuhkan 320 milyar setahun. Efektivitas vaksin mendekati 100,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin