Prihatin,Ini Jumlah Penyakit Kanker Di Indonesia

Jakarta – Prevelensi kanker adalah dari 1000 penduduk ada 14 orang yg terkena kanker di Indonesia. Ini sangat memprihatinkan.

Yang paling tinggi bagi perkara kanker adalah di Yogyakarta dengan 4,1 per 1000 penduduk. Untuk beban biaya yg dikeluarkan, menurut data dari Kementerian Kesehatan, setelah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan hipertensi, ada biaya yg besar bagi penyakit kanker.

“Sekitar Rp. 2 Triliun melalui BPJS. Ini tergolong besar biayannya,” papar Direktor Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H. Mohammas Subuh, MPPM ketika ditemui di Kantor Kemenkes RI, Jakarta, Rabu (31/01/2018).

Untuk mencegah penyakit kanker, ada langkah yg baik dengan deteksi dini. Seperti, misalnya bagi kanker payudara ada SADARI. Kemudian, buat kanker mulut rahim dengan menjalankan IVA tes yg tersedia di fasilitas kesehatan dasar, puskesmas.

“Dengan begitu, masyarakat mampu meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan deteksi dini tersebut,” tambahnya.

Kemudian, selain deteksi dini, Kementerian Kesehatan juga melakukan demostrasi project imunisasi HPV untuk anak sekolah sebagai dari pencegahan kanker leher rahim. Pada 2016, telah dilaksanakan di provinsi DKI Jakarta. Kemudian pada 2017, di provinsi DKI Jakarta, DIY kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul, Jawa Timur bagi Surabaya, dan kemudian perluasan ke provinsi Sulawesi Utara (Manado), serta Sulawesi Selatan (kota Makasar).(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin