Rahasia Umur Panjang Dan Hidup Berkualitas

Jakarta – Setiap orang pasti ingin memiliki umur panjang dan hidup berkualitas dengan tubuh sehat. Dengan memiliki kualitas hidup yg baik, dapat lebih lama menikmati kebersamaan dengan keluarga.

Menurut dr. Diana Suganda, spesialis gizi dari RSPI Bintaro Jaya, hampir 2-3 tahun terakhir banyak pasien yg justru nanya tak cuma ingin kurus, tetapi ingin sehat. Bagaimana caranya ingin lebih sehat. Hal ini menjadi salah satu potret tak sedikit orang yg ingin lebih lama bersama keluarga yg mereka cintai.

“Sekarang orang lebih utama tentang kesehatan. Umur panjang oke, tetapi tak sakit – sakitan. Makin ke sini orang lebih sadar tentang kesehatan,” papar dr. Diana Suganda, spesialis gizi dari RSPI Bintaro Jaya, ketika ditemui di acara peluncuran Kin Bulgarian Yoghurt, Jakarta, Kamis, (22/03/2018).

Masih menurutnya, ada dua faktor, yg mampu mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Pertama olahraga atau aktivitas. Kedua adalah mengatur pola makan.

“Pilihan bahan makanan yg harus lebih sehat. Sehingga, quality of life sangat terjaga tak sakit – sakitan. Bisa lebih lama sama keluarga, dapat main lebih lama dengan anak,” tambahnya.

Kemudian, bagi melakukan olahraga harus dengan durasi minimal 30 menit dengan durasi minimal tiga kali dalam seminggu. Makanan yg baik mampu Anda lakukan adalah dengan balance diet.

“Karbohidrat harus ada, protein, dan lemak harus ada. Jangan pernah takut dengan lemak. Kemudian, vitamin dan mineral,” ujarnya.

Masih menurutnya, jadwal makan yg dikerjakan juga harus teratur. Makanan penting juga sangat diperhatikan kualitas kesehatannya. Kemudian juga ada konsumsi snack.

“Ini juga harus diperhatikan. Snack jangan cuma pilih yg gorengan, cake dengan kalori tinggi dan manis. Anda dapat memilih yoghurt. Ini mengenyangkan karena snack sehat dan mengandung protein di dalam yoghurt ada vitamin, protein, lemak juga, dan ini bagus bagi tubuh,” katanya.

Pada dasarnya, snack harus terdiri dari 10 persen dari asupan kalori harian. Misalnya, bagi perempuan, sehari membutuhkan sekitar 1500 kalori, sehingga jumlah snack yg dibutuhkan sekitar 150 – 200 kalori.

“Kalau cake cokelat satu slice, dapat 400 kalori. Belum lagi ditambah minum dan campuran ice cream, itu berlebihan,” pungkasnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin