Saat Puasa Harus Cemat Memilih Makanan

Jakarta – Saat berpuasa, lebih baik cermat dalam memilih makanan.

Ketika seharian berpuasa, tubuh perlu asupan makanan yg baik dan bergizi. Hal ini harus diperhatikan. Jangan, yang berasal memilih menu buat berbuka puasa. Ada banyak pilihan makanan bagi berbuka akan dari yg sehat, lezat, dan tak sehat.

Ini segala adalah pilihan masing – masing individu. Agar tubuh tetap sehat setelah berpuasa, ada baiknya Anda cermat dalam memilih makanan.

Misalnya, dengan mengurangi asupan kalori, menghindari makanan gorengan, hingga konsumsi karbohidrat sederhana.

“Saya telah enggak pernah minum sirup karena itu salah satu yg mempercepat penuaan,” papar dr. Liza Widjaja M. Biomes, M. Pharm, seorang ahli kecantikan dan anti aging dari klinik estetiderma, ketika ditemui di acara Kalbe, Jakarta, baru – baru ini.

Masih menurutnya, gula dan karbohidrat sederhana mulai memberi efek glikasi sebab kadar Advance Glycation End Products (AGEs) meningkat. AGEs mulai menumpuk di tubuh dan tak mampu dikeluarkan kecuali melakukan aktivitas fisik yg baik.

Hal ini yg dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat tua. Keadaan ini sebenarnya dapat dihindari dengan kesadaran setiap orang buat konsumsi makanan yg sehat.

Kadar AGEs yg semakin tinggi mulai berdampak pada kerusakan protein. Padahal, protein ada di segala organ tubuh.

“Termasuk mata. Mata katarak, itu kolagen yg terglikasi. Jadi seluruh penyakit penuaan berhubungan dengan kerusakan protein yg ada di tubuh kami selalu menerus,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin