Saraf Manusia Bisa Lakukan Regenerasi

Jakarta – Saraf adalah bagian tubuh yg penting. Jika terdapat kerusakan syaraf pada tubuh manusia, kualitas hidup mulai terasa berkurang.

dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat yg juga konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM menyampaikan saraf adalah bagian tubuh manusia yg dapat beregenerasi tetapi prosesnya sangat lambat. Hal ini yg perlu diperhatikan oleh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan sarafnya.

“Regenerasi saraf mampu tetapi sangat lambat.sekitar 1 mm sehari. Ini sangat kalah dengan pertumbuhan rambut,” papar Manfaluthy ketika ditemui di acara pergantian kemasan Neurobion, Jakarta, Selasa, (31/07/2018).

Masih menurutnya, karena itu, sebelum terjadi neuropati dengan gejala kebas dan kesemutan yg seringkali diabaikan, lebih baik melakukan pengobatan sejak dini atau pencegahan. Ini adalah hal yg paling utama dikerjakan buat mencegah kerusakan saraf.

“Serabut saraf mampu melakukan regenerasi seandainya neuropati didiagnosa lebih awal,” tambahnya.

Pada dasarnya, penyakit neuropati itu bisa dicegah. Riset membuktinya bahwa gejala neuropati akan dirasakan kalangan muda. Keadaan ini sangat miris sekali.

“Ini seluruh karena perubahan lifestyle. Neuropati atau kerusakan saraf bisa berisiko fatal dan tak mampu diperbaiki lagi seandainya tak ditangani sejak dini,” ujarnya.
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin