Satu Dari 20 Orang Di Indonesia Terinfeksi HPV

Jakarta – Data Litbangkes Kemenkes memperlihatkan insiden infeksi HPV di Indonesia mencapai 5,2 persen, atau ada 1 perkara per 20 orang.

HPV mulai memenetrasi sel-sel serviks. Kabar baiknya, 70-80 persen infeksi HPV mulai sembuh dengan sendirinya, seandainya daya tahan tubuh bagus. Hanya 4-5 persen infeksi HPV yg berkembang menjadi kanker.

“Perjalanan setelah infeksi adalah lesi pra kanker dan kanker. Pap smear dan IVA umumnya menemukan kelainan di tahap pra kanker,” papar Prof. dr. Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) ketika ditemui di acara forum Ngobras, Jakarta, baru -baru ini.

Ada ratusan tipe HPV namun cuma sekitar 19 tipe yg menyebabkan kanker, dan tipe tersering menjadi penyebab kanker adalah HPV tipe 16, 18, dan 52. Ketiganya dapat menyebabkan kanker secara tunggal, artinya tak disertai infeksi tipe lain.

“Selain pada perempuan, infeksi HPV mampu menyebabkan kanker pada pria (kanker penis, anus, dubur, dan kanker laring). Maka di luar negeri, vaksin HPV juga diberikan pada pria,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin