Selfie Bisa Mengakibatkan Ketagihan

Jakarta – Masyarakat jaman sekarang tak asing dengan selfie atau swafoto. Ternyata, swafoto mampu mengakibatkan ketagihan atau adiksi. Kemudian, mulai menimbulkan penyakit pada diri sendiri. Seperti apa?

Menurut Praktisi klinis dan Staf pengajar FKUI/RSCM, Ari Fahrial Syam MD,PhD, FACP, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (05/01/2018), penyakit yg timbul dari selfie dinamakan selfitis, merupakan merupakan seseorang yg telah mengalami kecanduan buat melakukan selfie, membagi selfitis menjadi 3 kelompok.

Selfitis sebagai suatu penyakit juga dibagi menjadi 3 tingkat penyakit, yaitu:

1. Boderline: Mengambil gambar selfie sebanyak 3 kali dalam sehari tapi tak di posting ke sosial media

2. Akut: Mengambil foto selfie sebanyak 3 kali dalam sehari dan mempostingnya segala fotonya ke sosial media.

3. Kronik: Jika keinginan membuat foto selfie tak terkendali dan memposting ke sosial media lebih dari 6 kali per hari.

Dengan berjalannya waktu dan semakin banyak serta seringnya orang melakukan selfie mulai lebih banyak lagi peneliti bagi melakukan penelitian seputar selfie.

Selfie di tempat rekreasi atau ketika ada acara masih wajar tapi tentu tetap harus berhati-hati dalam pengambilan gambar selfie. Selfie ternyata dapat menyebabkan ketagihan atau adiksi dan mampu menyebabkan penyakit selfitis seperti yg sudah disebutkan diatas.

Di era berkembangnya tehnologi gadget yang semakin deras dengan kualitas gambar dan modifikasi gambar yg baik membuat fenomena selfie menjadi populer dan mendunia. Tetapi tetap kalian harus menyikapi dengan bijaksana dan proporsional dalam melakukan selfie. Tetap harus fokus dan aktifitas selfie ini tak mengganggu aktifitas rutin kalian sehari-hari.(tka)

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin