Sembilan Hal Yang Dilakukan Bayi Setelah Lahir

Jakarta – Para Ibu melahirkan dengan persalinan secara normal tanpa ada komplikasi atau intervensi medis, biasanya tak mengalami keadaan dipisahkan dari anaknya dan melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Selasa, (08/01/2019), selama satu jam, bayi baru lahir ternyata melakukan beberapa hal. Penasaran, apa saja? Berikut adalah sembilan hal yg dikerjakan bayi setelah lahir.

1. Menangis

Tangisan ketika bayi lahir terjadi saat dia menarik nafas pertama ke paru – paru.

2. Relaksasi

Setelah menangis si kecil mulai tenang dan masuk ke tahap relaksasi. Si kecil dapat ditempatkan di perut Ibu, tak perlu dipakaikan baju, cukup dihalangi selimut agar dapat skin to skin dengan Ibu.

3. Terjaga

Tahap terjaga terjadi rata-rata tiga menit setelah bayi tenang. Dia mulai menggerakkan kepala dan bahu, membuka mata dan menggerakkan muut.

4. Aktif

Bayi mulai memulai rooting reflex (refleks mencari puting), mulutnya aktif dengan bergerak seperti menghisap dan dia mulai membuka mulut ketika akan mencari payudara.

Ini terjadi rata – rata pada delapan menit setelah kelahiran.

5. Istirahat

Tahap istirahat dapat terjadi di tahap manapun. Saat istirahat, si kecil memproses pengalaman baru yg dia rasakan setelah dilahirkan.

6. Merangkak

Saat diletakkan di perut, si kecil mulai akan menggerakkan tubuhnya menuju payudara. Biasanya ini terjadi 35 menit setelah kelahiran.

Gerakan kedua kaki si kecil pada perut Ibu mulai memicu rahim buat berkontraksi yg bermanfaat buat proses pemulihan Ibu.

7. Familiarisasi

Ketika mencapai payudara, dia mulai berkenalan dengan menjilat, menyentuh, atau memijat payudara dengan tangan kecilnya. Tahap ini mampu terjadi sekitar 45 menit setelah kelahiran.

8. Menyusu

Setelah berkenalan dengan payudara, si kecil mulai berusaha melakukan pelekatan menyusui dan menikmati kolostrum pertama yg keluar dari payudara.

9. Tidur

Bayi mulai tidur pada 1,5 jam setelah kelahiran. Ibu dan si kecil mulai sama – sama mengalami efek relaksasi dari hormon ositosin sehingga dapat beristirahat dengan nyaman. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin