Sepuluh Cara Jitu Menyusui Lebih Mudah

New Delhi – Menyusui sangat utama bagi pertumbuhan bayi. Tidak cuma itu, menyusui sangat baik buat kesehatan ibu dan anak.

Mengutip dari zeenews, Jumat (26/01/2018), menyusui adalah proses yg paling alami, namun buat beberapa orang, ini mungkin yaitu tantangan tersendiri. Bersabarlah dan serilah makan, kata para ahli.

Menyusui adalah sumber nutrisi bagi bayi, dan juga menjadi salah satu cara bagi mengenyahkan stres pada ibu usai melahirkan. Biasanya, para ibu kerap dihantui dengan depresi usai melahirkan atau biasa disebut postpartum syndrome.

Mimansa Malhotra (PT), Konsultan Laktasi dan pendidik kelahiran Lamaze atas nama Philips, dan Shilpi Srivastava, Konsultan Laktasi di Mamma Mia, Fortis Memorial Research Institute, mencantumkan beberapa tip yg perlu diingat:

1. Cobalah buat menyusui dalam satu jam pertama setelah melahirkan. Saat itulah payudara Anda menghasilkan kolostrum atau susu pertama. Hal ini dikemas dengan nutrisi dalam jumlah kecil. Dan jumlah kecil cuma kebutuhan bayi baru lahir.

2. Makan buat meningkatkan hasil susu. Aturannya sederhana. Semakin rendah Anda menyusui, susu lebih rendah yg mulai dihasilkan tubuh Anda. Pastikan Anda makan dengan baik dan cukup istirahat. Anda mulai membutuhkan keduanya ketika tubuh Anda mengubah kalori Anda menjadi susu.

3. Pastikan bahwa ketika bayi Anda terkunci, mulutnya harus menyerap bagian payudara Anda yg paling gelap, merupakan bagian areola. Bayi meremas saluran susu di bawah area itu bagi mengeluarkan ASI.

Jika bayi Anda cuma mengisap puting susu, itu mulai mencubit dan menyakiti Anda. Selain itu, bayi tak mulai dapat mendapatkan susu sebanyak mungkin.

4. Jangan terburu-buru bagi menawarkan payudara kedua. Sangat baik bagi meninggalkan bayi Anda di payudara pertama sampai dia selesai dan kemudian menawarkan payudara kedua.

5. Banyak bayi mengambil satu payudara pada beberapa persalinan dan kedua payudara pada beberapa bayi. Jangan kaku dan jangan takut.

6. Seperti kata para ahli, menyusui adalah proses belajar di mana kedua rekan saling belajar. Karena itu, perlu banyak kesabaran dan mungkin diperlukan beberapa hari sampai pekan bagi menguasainya.

7. Selama pekan pertama, bayi nampaknya lapar sepanjang waktu ketika bayi berusaha mengatasi lingkungan baru dan kadang menyusui tak cuma mulai membantunya dalam menyesuaikan diri, tapi juga menolong tubuh Anda membuat lebih banyak susu bagi memenuhi permintaan bayi.

8. Menyusui lebih gampang dengan bantuan yg tepat. Selalu disarankan buat mencari bantuan dari ahli seandainya Anda menghadapi kesulitan dalam menyusui karena mendapatkan pertolongan yg tepat pada ketika yg tepat mulai membuat banyak perbedaan pada pengalaman menyusui Anda.

9. Menyusui adalah seni. Konsultan menyusui atau penyedia layanan kesehatan mulai memandu Anda dalam teknik pengikatan dan menahan bayi agar memberi ASI lebih nyaman bagi Anda dan buat bayi Anda.

10. Menyusui menolong dalam ikatan. Ini mempromosikan kontak kulit dan kulit serta memungkinkan Anda menghabiskan banyak waktu dengan bayi Anda. Membantu memahami isyarat.
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin