Sering Bangun Tengah Malam Karena Buang Air Kecil

Jakarta – Tidak jarang, banyak orang yg kerap mengalami gangguan tidur pada malam hari karena kadang buang air kecil. Nah, hal itu jangan dianggap remeh.

Menurut dr.Firtantyo Adi Syahputra Sp.U, spesialis urologi, pada dasarnya orang normal mampu tidur 6-8 jam dalam sehari. Ada yg tak normal karena malam – malam kerap terbangun. Ini membuat kondisi tubuh ketika bangun tidur tak bugar dan wajah tak segar.

“Orang yg mengalami hal ini ternyata termasuk dalam inkontinesia. Artinya, gangguan sulit membuang air kecil. Biasanya ini terjadi pada wanita dan pria, dapat terjadi pada siapa saja,” papar dr.Firtantyo Adi Syahputra Sp.U, ketika ditemui di acara Rekor MURI buat Confidence 10 Ribu Testimoni buat yg terkasih, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Masih menurutnya, kondisi persoalan buang air kecil itu sangat beragam. akan dari kelaurnya urine di luar kehendak, mulai menimbulkan persoalan sosial dan gangguan kesehatan.

“Bisa juga sulit menahan kencing atau kerap ngompol. Tiba – datang belum sampai kamar mandi telah keluar urinenya. Ini sangat mengganggu,” tambahnya.

Ternyata lebih dari 200 juta penderita di segala dunia yg mengalami hal tersebut. Kemudian, penderita ini kebanyakan diderita oleh para wanita dibandingkan pria. Tidak cuma itu, seluruh lapisan usia juga berpeluang menderita persoalan buang air kencing tersebut.

“Untuk anak – anak 6,8 persen, dewasa sekitar 12 persen, dan lansia 22 persen menderita persoalan buang air kecil tersebut. Jadi setiap orang dapat mengalaminya dan bertambahnya usia, khususnya lansia lebih besar mengalami hal ini,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin