Tanda Dan Gelaja Penyakit Trigeminal Neuralgia

Jakarta – Beberapa tanda dan gejala yg tidak jarang muncul pada pasien dengan trigeminal neuralgia. Seperti apa?

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Jakarta, Kamis, (27/09/2018), trigeminal neuralgia yaitu sebuah keadaan medis dimana terjadi nyeri yg bersifat kronik (lebih dari 3 bulan) yg bersumber dari gangguan pada saraf trigeminal sehingga menyebabkan sensasi rasa nyeri di bagian wajah. Berikut adalah beberapa gejala dan tanda yg tidak jarang muncul pada pasien.

1. Nyeri baik yg bersifat ringan hingga berat. Umumnya rasa nyeri yg dirasakan pasien seperti nyeri sengatan listrik, dan kadang tiba secara tiba-tiba.

2. Nyeri spontan yg dipicu oleh hal-hal keci, seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau ketika sedang menggosok gigi.

3. Nyeri trigeminal neuralgia dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Pada keadaan yg berat nyeri hadir setiap ketika bahkan hingga berbulan-bulan yg bisa menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya.

4. Nyeri yg terjadi pada pasien khas, di daerah wajah yg dilalaui saraf trigeminal termasuk diantaranya di daerah pipi, rahang, gigi, gusi, bibir bisa juga terjadi nyeri di daerah sekitar mata dan dahi.

5. Nyeri trigeminal biasanya terfokus pada satu titik, meskipun tak menutup kemungkinan nyeri kemudian menyebar membentuk pola yg lebih luas di wajah.

6. Nyeri biasanya menjadi lebih kadang muncul dari waktu ke waktu dengan derajat nyeri yg umumnya lebih berat.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin