Tes Darah Deteksi Timbulnya Kembali Kanker Kulit?

New Delhi – Tes darah sederhana buat pasien kanker kulit sekarang mampu menolong dokter memprediksi kemungkinan kanker yg agresif kembali.

Mengutip dari zeenews, Rabu (06/12/2017), sebuah penelitian menemukan hal tersebut. Temuan ini bisa membuka jalan buat mengidentifikasi pasien yg paling berisiko terkena penyakit mereka kembali, dan siapa yg mungkin mendapat manfaat dari perawatan imunoterapi baru.

Penelitian yg dipimpin oleh peneliti yg berbasis di Cancer Research UK Manchester Institute dan The Christie NHS Foundation Trust, mempelajari sampel darah yg diambil setelah operasi dari 161 pasien dengan melanoma stadium 2 dan 3. Mereka kemudian mencari kesalahan dalam dua gen yg terkait dengan 70 persen kanker kulit melanoma – BRAF dan NRAS.

Setelah lima tahun, 33 persen pasien yg menjalani tes darah positif bagi kesalahan pada salah satu dari kedua gen tersebut masih hidup, dibandingkan dengan 65 persen dari mereka yg tidak.

Hasilnya juga mengungkapkan bahwa kanker kulit jauh lebih mungkin buat kembali dalam waktu satu tahun operasi pada pasien yg memiliki kesalahan pada salah satu dari kedua gen tersebut.

Penulis Richard Marais dari Universitas Manchester mengatakan, “Bagi beberapa pasien dengan melanoma tingkat lanjut, mereka Kanker akhirnya mulai kembali. Kami tak memiliki tes yg akurat bagi memprediksi pasien ini, jadi temuan kalian sangat menggembirakan.

“Jika kami bisa memakai tes DNA tumor ini bagi memprediksi secara akurat apakah kanker mulai kembali, maka dapat menolong dokter menentukan pasien mana yg mampu memperoleh manfaat dari imunoterapi baru,” tambah Marais. Perawatan ini kemudian mampu mengurangi risiko penyebaran kanker. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin