Tiga Hal Penting Dilatih Untuk Pendidikan Anak

Jakarta – Ada tiga hal yg dilatih dalam pendidikan, merupakan pengetahuan, keterampilan,dan sikap. Lantas, apakah orangtua telah menyadari hal tersebut buat kebutuhan anaknya?

Menurut pemerhati pendidikan usia dini, Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum, ketika ini terdapat 84 juta anak di Indonesia yg mewakili sepertiga populasi Indonesia, sehingga kualitas tumbuh kembang mereka perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak karena mereka adalah calon generasi penerus bangsa.

“Salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak ketika ini. Karena itu, perlu dikerjakan langkah-langkah yg tepat disertai dukungan dari berbagai pihak, termasuk pihak swasta dan masyarakat, bagi bisa turut andil dalam mendukung terwujudnya generasi yg tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta yakin diri, sehingga menjadi generasi maju bagi Indonesia maju di masa mendatang,” papar Capri Anjaya ketika ditemui di acara SGM Eksplor Dukung Anak Indonesia Jadi Generasi Maju, Jakarta, Rabu, (18/04/2018).

Faktor lingkungan juga berperan utama dalam masa tumbuh kembang anak. Penelitian sudah memperlihatkan bahwa separuh potensi kecerdasan seseorang dikembangkan pada usia empat tahun dan intervensi anak usia dini mampu memiliki efek jangka panjang pada kapasitas intelektual, kepribadian, dan perilaku sosial.

Karena itu, masa lima tahun pertama kehidupannya yaitu masa yg sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tak bisa diulang lagi.

“Fakta yg terjadi di Indonesia, cuma 58 persen anak didaftarkan ke pendidikan usia dini. Padahal pendidikan itu penting,” tambahnya.

Pendidikan usia dini sangat utama buat menstimulasi anak. Ini dapat membuat Anak bisa dengan cepat mengembangkan diri dengan baik dan dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin