Tujuh Fakta Tentang Menstruasi

Jakarta – Para remaja perempuan tak perlu takut saat menghadapi fase menstruasi. Nah, bagi itu, ada sekitar tujuh fakta yg perlu Anda ketahui tentang menstruasi.

Menstruasi telah kadang diperbincangkan orang. Namun, masih saja terdapat banyak pertanyaan muncul tentang seluk beluk menstruasi. Mengutip dari Buku Saku Sehat dan Bersih ketika Menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, serta Mundipharma, Rabu, (14/03/2018), ada tujuh hal, akan dari tanda pubertas, hingga siklus menstruasi yg normal.

Berikut adalah tujuh fakta yg perlu Anda ketahui.

1. Apakah menstruasi adalah satu – satunya tanda pubertas?

Tidak. Masa pubertas umumnya ditandai pertumbuhan payudara, juga timbulnya ciri – ciri seksual sekunder lainnya, seperti tumbuhnya rambut kemaluan dan rambut di ketiak.

2. Usia berapa anak perempuan mendapat menstruasi?

Sangat bervariasi antara 10 – 16 tahun. Faktor yg mempengaruhi antara yang lain adalah faktor keturunan, gizi, keseimbangan hormon, faktor psikologis, dan sebagainya.

3. Mengapa ada yg mengalami kram perut?

Nyeri pada perut ketika menstruasi yg disebut dismenorhoe ini akibat dari gerakan otot rahim yg berusaha mengeluarkan darah menstruasi. Biasanya mencapai puncaknya paling kuat sekitar 12 jam setelah akan keluar darah menstruasi.

4. Apakah nyeri ketika menstruasi itu berbahaya?

Ada beberapa perempuan yg mengalami rasa nyeri yg sangat luar biasa, bahkan hingga menstruasi selesai. Keadaan ini memerlukan pemeriksaan dokter spesialis kandungan.

5. Bagaimana mengurangi nyeri ketika menstruasi?

Bisa dengan olahraga ringan, senam, lari pagi, yoga, atau aerobik. Lakukan kompres hangat pada daerah nyeri, lakukan pernafasan relaksasi. Kurangi garam dan kafein juga makanan yg pedas.

6. Seberapa banyak normalnya darah ketika menstruasi?

Jumlah darah yg keluar ketika menstruasi sangat bervariasi. Hari pertama umumnya mulai banyak yg warnanya merah segar, dulu berangsur cuma flek kecokelatan saja.

7. Berapa lamakah siklus menstruasi normal?

Siklus menstruasi pada kebanyakan perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari. Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid siklus berikutnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin