Upaya Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kanker Paru

Jakarta – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) berupaya bagi meningkatkan kepedulian terhadap kanker paru.

Kanker paru yaitu kanker dengan angka kematian tertinggi di dunia di antara semua kanker. Satu dari lima kematian segala kanker disebabkan oleh kanker paru. Sekitar 1,7 juta orang meninggal setiap tahunnya karena kanker paru. Kanker paru yaitu macam kanker terbanyak dengan insiden tertinggi pada laki-laki di Indonesia.

“Di dunia, Jumlah kematian kanker paru lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah kematian akibat kanker payudara, kanker kotorektat, kanker prostat bahkan masih tinggi dapat digabungkan. Dari segala jumlah kanker paru di Indonesia, ada sekitar 11, 2 persen adalah perempuan,” papar Dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K), ketika ditemui di kantor PDPI, Jakarta, Jumat, (09/11/2018).


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

RSUP Persahabatan sebagai Pusat Rujukan Respirasi Nasional, termasuk pusat rujukan kanker paru, angka kunjungan pasien kanker paru meningkat hampir 1O kali tipat dibandingkan dengan 15 tahun yg lalu. Kanker paru pada dasarnya bisa dicegah dan diobati.

“Faktor risiko terbesar terjadinya kanker paru adalah paparan asap rokok. Faktor risiko yang lain adalah tinggal atau bekerja di daerah yg terpapar karsinogen (silika, pertambangan, bahan kimta, dan Iainnya), polusi tinggi, radon, dan riwayat penyakit paru fibrosis, serta paparan radon,” tambahnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin