Usia Jadi Pencetus Penyakit Trigenimal Neuralgia

Jakarta -Trigeminal neuralgia sebuah keadaan medis terjadi nyeri bersifat kronik (lebih dari 3 bulan) yg bersumber dari gangguan pada saraf trigeminal sehingga menyebabkan sensasi rasa nyeri di bagian wajah.

Saat Anda mengalami keadaan ini, stimulasi kecil di wajah seperti sentuhan, tersenyum atau aktivitas sehari-hari seperti menyikat gigi bahkan mengaplikasikan make up di daerah wajah, mulai mencetuskan terjadinya rasa sakit yg luar biasa.

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, tak ada pemicu yg sangat spesifik bagi menimbulkan penyakit ini. Namun, secara umum, orang tua yg usia lanjut, sangat berpeluang mengalami penyakit nyeri pada wajah itu.

“Usia lebih berisiko. Usia yg lebih itu history lebih banyak. Usia lebih atau usia lanjut, banyak kemungkinan muncul. Ini juga tergantung dengan kesehatan seperti tingkat kolesterol, hipertensi, atau ada kista,” papar Mahdian, Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Masih menurutnya, penyakit ini juga mampu timbul karena trauma kecelakaan. Timbulnya trauma tersebut mampu dalam hitungan waktu yg cukup lama.

“Ada pasien yg pernah kecelakaan dan terjatuh. Kira – kira setahun dan dua tahun kemudia, merasakan sakit di wilayah kepala dan wajah. Ini mampu jadi dari dampak kecelakaan tersebut,” tambahnya.

Jika seseorang telah mengalami trigeminal neuralgia tersebut, maka pasien tersebut harus benar – benar tenang dalam menjalani hidup. Tidak boleh terburu – buru dalam menjalankan kehidupan sehati – hari. Karena, seandainya terlalu tergesa-gesa, ini mulai memberikan tekanan yg lebih dahsyat pada syaraf Anda sehingga serangan trigeminal neuralgia mulai muncul. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin