Vaksin HPV Baik Untuk Semua Orang

Jakarta – Vaksin HPV bukanlah bagi perempuan nakal atau orang yg tak bermoral. Vaksin ini adalah bagi seluruh orang, baik remaja, dewasa, perempuan maupun laki-laki.

Stigma bahwa penyakit terkait HPV adalah penyakit menular seksual, perlu dihilangkan. Semua orang mampu mengalaminya, meskipun pada pasangan monogami yg saling setia.

Bahkan pernah ditemukan infeksi HPV pada perempuan yg belum pernah berhubungan seksual. Virus HPV sama umumnya dengan bakteri Streptococcus atau Staphylococcus yg menyebabkan infeksi saluran napas, dengan kata lain, HPV sangat mungkin menginfeksi segala orang. Dalam masa hidupnya, 8 dari 10 orang laki-laki dan perempuan mulai terinfeksi HPV.

Tidak pernah ada kata terlambat buat vaksinasi HPV. Perempuan yg telah aktif secara seksual dan mendapati hasil pap smear yg abnormal, tetap dapat mendapat vaksin.

“Bila seorang perempuan memiliki hasil pap smear yg abnormal, mungkin ia cuma terkena satu tipe HPV. Kita masih mampu melindunginya dari HPV tipe lain,” papar Kenneth alexander, MD, Ph.D. dari Nemours Childrens Hospital, Florida, Amerika Serikat (AS) seperti yg dikutip dari siaran pers yg diterima dari forum ngobras, Jakarta, Sabtu, (07/04/2018).

Pap smear justru mampu menjadi jalan bagi mendorongnya melakukan vaksinasi.Bahkan sekalipun telah menjalani tes HPV-DNA dan mendapati bahwa ada infeksi HPV di luar tipe yg ada dalam vaksin, vaksinasi masih mampu dilakukan.

Vaksin HPV ketika ini mengalami kemajuan yg pesat, dan ketika ini, di luar negeri telah ada vaksin yg mencakup 9 tipe HPV.

Prof Kenneth melanjutkan, sekitar 8.500 perempuan meninggal akibat kanker yg disebabkan oleh HPV. Sehingga infeksi HPV ini tak mampu dianggap remeh. Yang pasti, risiko terkena infeksi HPV terus ada.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin