Vaksin HPV Penting Untuk Usia Muda Dan Dewasa

Jakarta – Vaksin HPV diindikasikan bagi perempuan usia 9-45 tahun. Laki-laki juga boleh mendapat vaksin ini. Vaksin diberikan dalam tiga dosis, dengan jadwal 0-2-6 bulan.

“Untuk usia di bawah 14 tahun, cukup dua dosis dengan interval antar dosis enam sampai 12 bulan,” terang dr. Andi Darma Putra, Sp.OG(K) dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dalam sebuah diskusi ilmiah di Jakarta, baru – baru ini.

Karenanya, sangat menguntungkan bila vaksinasi dikerjakan pada usia anak. Selain biayanya lebih murah, antibodi yg terbentuk lebih baik, dan dapat melindungi sang anak sebelum ia aktif berhubungan seksual.

Tak dapat dipungkiri, masih ada penolakan terhadap vaksin ini, dengan berbagai alasan. Dari segi agama seharusnya tidak perlu khawatir karena vaksin ini telah dinyatakan halal oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Ada pula yg menolak karena merasa bahwa anak gadis mereka masih jauh dari hubungan seksual.

Prof. Kenneth alexander, MD, Ph.D. dari Nemours Childrens Hospital, Florida, Amerika Serikat (AS) mengutarakan beberapa alasan pentingnya vaksin HPV diberikan pada anak remaja.

“Kita tak membicarakan soal hubungan seksual. Yang terpenting, vaksin adalah tindakan preventif,” tegasnya.

Vaksin HPV sama dengan vaksin yang lain yg perlu diberikan pada remaja. Menunda vaksinasi mampu menghilangkan kesempatan melindungi anak kalian dari penyakit mematikan yg sebenanrya mampu dicegah. Dan tentunya, dua dosis lebih gampang daripada tiga dosis.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin