Vaksin HPV Terbukti Berhasil Turunkan Angka Kanker

Jakarta – Kanker serviks adalah pembunuh paling banyak yg terjadi pada wanita setelah payudara. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi HPV.

Menurut data dari Litbangkes Kemenkes memamerkan insiden infeksi HPV di Indonesia mencapai 5,2 persen, atau ada 1 masalah per 20 orang. Dengan vaksin HPV sangat efektif buat mencegah kanker serviks.

Hal tersebut telah terbukti di beberapa negara yg berhasil menjalankan program vakisn. Karena itu, Indonesia harus menjadikan program vaksin HPV secara nasional dan menyeluruh.

“Di negara-negara yg telah menjalankan program vaksin HPV secara nasional, kejadian kanker serviks secara signifikan turun. Misalnya di Australia turun 50 persen setelah menjalankan program 10 tahun, bahkan Kanada dan Swedia turun 80-84 persen,” kata Prof. dr. Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) ketika ditemui di acara Ngobras, Jakarta, baru – baru ini.

Masih menurutnya, pilot project vaksin HPV yg telah dijalankan ketika ini memakai vaksin quadrivalen. Dari pilot project yg telah dilakukan, tak ditemukan keluhan efek samping.

Vaksin HPV sangat aman karena dibuat dari cangkang virus sebagai zat aktif vaksin sehingga tak berbahaya. Begitu disuntikkan mulai terbentuk antibodi yg menyebar melalui darah ke semua jaringan, termasuk serviks.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin