Waspada, Ini Masalah Nutrisi Pada Ibu Hamil

Jakarta – Hampir setiap ibu hamil pada trimester pertama merasakan mual dan muntah. Ini mulai berpengaruh pada asupan nutrisi yg dikonsumsi.

Menurut dr. Julia Dewi, SpGK, dari RSUD Cianjur menjelaskan, mual dan muntah atau biasa dikenal dengan morning sickness terjadi pada 50 – 90 persen wanita hamil. Ini memang perlu diperhatikan. Karena, pada dasarnya, para ibu hamil memiliki nutrisi yg lebih tinggi dari biasanya.

“Terdapat juga para ibu hamil yg memiliki penyakit kronis. Jadi ini menyebabkan asupan nutrisi tak banyak,” papar dr. Julia Dewi, SpGK, dari RSUD Cianjur ketika ditemui di acara forum Ngobras, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Selain itu, tak jarang pula para ibu hamil yg memiliki persoalan dalam memilih makanan. Ketersediaan bahan makanan yg terbatas juga menjadi salah satu masalah.

Lantas bagaimana mengatasi persoalan nutrisi tersebut? Ibu Hamil mampu mengkonsumsi susu yg mengandung low fat. Ini agar mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

“Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi snack di waktu senggang. Kemudian, ibu hamil juga mampu mengurangi makanan dengan bumbu yg merangsang,” tambahnya.

Kemudian, para calon ibu juga dapat mengkonsumsi makanan lunak. Ini adalah salah satu cara buat menolong.

“Minum sebelum makan itu adalah penting. Ibu hamil juga mampu menghindari asupan yg banyak mengandung kafein. Selain itu, ibu hamil juga mampu konsumsi minuman atau makan makanan yg mengandung jahe,” paparnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin