Waspada! Karang Gigi Cikal Bakal Gigi Berlubang

Jakarta-Memiliki gigi sehat, kuat, dan bersih menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, hingga ketika ini masih banyak yg mengabaikan kesehatan gigi dan beranggapan hal tersebut tak terlalu penting. Padahal, kerusakan gigi mampu mempengaruhi kesehatan tubuh yang lain yg akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melihat betapa pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi, Drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto berkeinginan mewujudkan sebuah misi atau gerakan moril bernama #IndonesiaFreeCaries. Rencananya program ini mulai dilaksanakan secara nasional, akan dari tingkat SD hingga memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. Bersama tim #IndonesiaFreeCaries, Drg. Donna mulai memberikan pelayanan kesehatan gigi secara massal.

“Kedepannya masyarakat Indonesia memiliki kesadaran penuh mulai pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak usia dini. Orang Indonesia harus terbebas dari karang gigi yg menjadi cikal bakal gigi berlubang,” kata perempuan kelahiran Jakarta, 29 September 1976 itu, dalam informasi tertulisnya, Rabu (1/8/2018).

Seiring perjalanan waktu, kini teknologi kesehatan gigi selalu berkembang. Dengan paradigma berestetika, Drg. Donna memaparkan sebuah alasan mengenai veneer gigi (teknik pelapisan gigi) yg baik dan benar bagi kecantikan dan kesehatan gigi. Saat ini, veneer gigi menjadi trend di kalangan selebritis dan sosialita tanah air. Namun, banyak calon pasien yg menganggap veneer gigi cuma urusan kecantikan semata, tanpa perlu penanganan khusus. Padahal, veneer gigi kepada pasien harus dikerjakan oleh pakar atau dokter gigi spesialis prostodonsia yg berpengalaman.

“Saat ini di masyarakat kadang terjadi malpraktek dalam menangani veneer gigi, makanya tidak jarang aku sampaikan di setiap kesempatan seminar saat aku sebagai pembicara, karena yg dirugikan pasien. Semoga dengan keterangan yg sampai ke masyarakat melalui media tentunya, kedepannya tidak ada lagi malpraktek seperti ini,” papar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1999 itu.

Melalui program #IndonesiaFreeCaries, Drg. Donna ingin mewujudkan masyarakat Indonesia ke depan yg terbebas dari penyakit gigi akibat lubang dan karang gigi.

“Saya termasuk wanita pekerja keras dan gigih dalam mewujudkan pemikiran-pemikiran yg inovasi, terutama bagi kepentingan orang banyak, karena itu bagian dari tugas mulia seorang dokter. Makanya selain aku secara profesi sebagai dokter ahli penanganan veneer gigi, secara idealis aku juga ingin menjalankan program Indonesia Free Caries ini, agar generasi Indonesia kedepan terbebas dari gigi berlubang yg disebabkan karang gigi,” ujar dokter gigi yg membuka klinik di bilangan Pondok indah itu. [adc]
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin